Pengertian dan Ciri-ciri Monera

Pengertian dan Ciri-ciri Monera

Acafeny.com. Seperti yang kita ketahui dahulu monera terbagi menjadi dua, yaitu Bacteria (Schizomycetes) dan Cyanophyta (ganggang hijau-biru).

Akan tetapi seiring perkembangan ilmu pengetahuan menurut system klasifikasi Carl Woose 1977 monera dikelompokan menjadi dua subkingdom.

Pengertian dan Ciri-ciri Monera
Pengertian dan Ciri-ciri Monera

Diantaranya, yaitu Eubacteria dan Archaebacteria. Dimana saat ini Cyanobacteria  sudah termasuk dalam anggota subkingdom Eubacteria.

Archaebacteria adalah sel–sel paling awal dan mempunyai kedekatan dengan organisme yang mempunyai membran inti sel (Eukariotik). Archaebacteria berasal dari bahasa Yunani yang berarti Kuno.

Sehingga bisa dikatakan bahwa Archaebacteria adalah bakteri kuno atau purba, karena termasuk organisme tertua yang hidup di muka bumi.

Kelebihan dari Archaebacteria ini yaitu dapat hidup pada habitat yang ekstream seperti di air panas ataupun telaga garam.

Archaebacteria terbagi menjadi beberapa macam, yaitu termofil ekstream ( termoasidofilik ), metanogen, dan halofil ekstream ( halofilik ). 

Sementara Eubacteria merupakan organisme Uniseluler atau bersel satu yang tidak mempunyai membran inti sel ( Prokariotik ). Secara umum, Eubacteria juga tidak memiliki klorofil di bagian dinding selnya.

Kata Eubacteria berasal dari bahasa yunani kuno yang berarti batang kecil sejati. Sehingga  Eubacteria dapat dikatakan sebagai organisme yang tidak punya membran inti sel dan juga dapat hidup dimana saja.

Eubacteria adalah bakteri yanag ada disekitar kita, sehingga bakteri ini sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun, Eubacteria tidak bisa dilihat secara langsung menggunakan mata kita, melainkan harus menggunakan alat yaitu mikroskop.

Pada kondisi yang menguntungkan bakteri dapat berkembang biak dengan cepat, sehingga berjumlah  banyak.

Bakteri dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu seksual dan aseksual. Untuk mengetahui cara berkembang biak bakteri secara lengkap, silahkan baca :

Kingdom monera adalah kerjaan dari makhluk hidup bersel tunggal atau tidak memiliki membran inti pada sel tubuhnya (prokariotik). Dalam bahasa yunani Istilah monera berasal dari kata “moneres” yang berarti tunggal.

Kingdom monera juga dikenal dengan sebutan bakteri. Bakteri berasal dari kata bakterion yang berarti batang yang berukuran sangat kecil.

Pengertian dan Ciri-ciri Monera

Terdapat beberapa ciri-ciri dari monera yang dapat kita jadikan referensi pembelajaran. Berikut ini adalah ciri-ciri dari monera :

  1. Tersusun atas satu sel saja. Dimana tubuh bakteri dan ganggan hijau-biru (monera) hanya tersusun oleh satu sel saja.
  2. Memiliki bentuk sel yang bervariasi. Dimana kelompok monera ini memiliki bentuk sel yang bervariasi. Diantaranya ada yang berbentuk batang (basil), ada yang bulat (cocus), ataupun spiral, dan juga ada yang berkoloni atau tidak.
  1. Tipe sel prakariotik. Dimana tipe sel prakariotik merupakan sel yang tidak memiliki inti sejati. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya membran inti pada sel tubuhnya. Oleh karena itu, sel tubuhnya disebut juga dengan istilah nekleoid.
  2. Memiliki dinding sel baik dari subkingdom Eubacteria maupun Archaebacteria
  3. Eubacteria (mempunyai dinding peptidoglikan). Berbeda dengan tumbuhan, dinding sel yang menyusun bakteri dan alga biru ini terbuat dari zat peptidoglikan. Sedangkan pada tumbuhan dinding selnya tersusun atas selulosa. Akan tetapi, ada juga beberapa bakteri yang dinding selnya tersusun bukan dari zat peptidoglikan.
  4. Archaebacteria ( dinding sel tidak mengandung peptidoglikan).
  5. Tidak mempunyai organel yang bermembran. Monera tidak mempunyai membran inti, sehingga menyebabkan organisme ini tidak memiliki organel-organel membran lainya. Organel-organel yang tidak dimiliki monera seperti halnya mitokondria, kloroplas, retikulum endoplasma, lisosom, badan golgi, dan vakulola. Sedangkan organel yang terdapat pada monera, antara lain mesosom, ribosom, klorofil, necleoid, dinding sel, dan membran sel.

Baca juga :

Demikian artikel tentang pengertian dan ciri-ciri monera, dan semoga bermanfaat bagi Anda.

Follow juga Acafeny.com diFacebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *